Metro, Jakarta - Fotografer Tempo, Subekti dipaksa membuka kaos bergambar maskapai penerbangan Rusia, Aeroflot yang ia kenakan saat salat Jumat di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat 17 Maret 2017. "Saya mengenakan kaos itu sejak salat Jumat. Memang sudah ada beberapa orang di belakang terdengar mengomentari kaos yang saya pakai," kata Subekti di kantor Tempo, Palmerah Barat, Jakarta Selatan, hari ini.

Saat tengah mengenakan sepatu seusai salat Jumat, Subekti tiba-tiba didatangi seseorang berkaos gambar Nike mengenakan penutup kepala warna putih. "Buka tuh kaos," kata pria itu seperti ditirukan Subekti.

Subekti kemudian bertanya kesalahannya apa. Namun pria itu tetap ngotot meminta agar kaos yang dikenakannya dicopot. Pria yang tak diketahui namanya itu mengatakan di kaos itu ada gambar palu arit. "Itu logo PKI," kata pria itu lagi.

Subekti mengatakan ia berusaha menolak namun tetap diintimidasi oleh pria tadi. Ia mencoba menerangkan tentang kaos yang dipakainya. "Saya bilang ini kaos maskapai penerbangan Rusia, memang ada logo palu aritnya, tapi bukan PKI," kata Subekti.

Namun penjelasan Subekti tak didengar oleh pria tadi. Ia pun terpaksa mencopot kaosnya dan memberikannya kepada orang tadi. "Saya serahkan saja," kata Subekti. Subekti pun kemudian menghubungi seorang kawannya. Mereka kemudian menghampiri pria yang telah mengambil kaosnya itu.

Subekti mengatakan temannya meminta kaos itu dikembalikan karena tak ada hubungannya dengan PKI. "Saya bilang, saya dari media saya tahu mana yang dilarang, tapi dia tetap ngotot," katanya. Pria itu pun mengatakan kaos Subekti sudah diberikan kepada polisi yang ada di sana. Namun saat dihampiri polisi itu membantah telah mendapat kaos yang dimaksud.

JULI