Nasional, Jakarta - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab menyempatkan hadir di acara pemakaman anggota Dewan Pertimbangan Presiden Hasyim Muzadi pada Kamis 16 Maret 2017. Rizieq juga melantunkan doa untuk pendiri Pondok Pesantren Al Hikam. Ia menyebut Hasyim Muzadi adalah gurunya.

"Habib Rizieq menyatakan langsung bahwa beliau menganggap Abah sebagai gurunya," ucap menantu Hasyim, Arif Zamhari ketika ditemui, Jumat, 17 Maret 2017. Pandangan Rizieq tersebut, kata dia, membuktikan bahwa Hasyim adalah sosok yang diterima semua golongan dengan baik.

Baca: Doakan Hasyim Muzadi, PBNU Gelar Tahlil Selama 7 Hari

Bahkan, Rizieq menyatakan langsung kepada Arif, bahwa Hasyim merupakan salah seorang yang bisa menasehatinya. "Habib Rizieq selalu menerima jika Abah yang menasehatinya."

Menurutnya, Hasyim merupakan sosok yang bisa menjembatani semua golongan. Bahkan, bukan hanya perbedaan pemahaman dalam Islam saja, tapi terhadap kalangan lintas agama juga bisa menjadi penengah.

"Abah sosok yang bisa merangkul semua golongan baik lintas agama maupun umat Islam," ujarnya. "Itu terlihat dari para tamu yang datang, yang duduk mencair satu sama lain tanpa melihat perbedaan."

Baca: 40 Menit Hasyim Muzadi Dijenguk Jokowi

Bahkan, Rizieq duduk bersama Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua KPK Agus Rahardjo, Watimpres, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Para Dubes, Muahaimin iskandar, Hidayat nur Wahid, Din Syamsuddin dan tokoh lainnya.

Selain itu, sebagian dari mereka termasuk Nusron Wahid turut melakukan salat jenazah untuk Hasyim di Masjin Pesantren Al Hikam.

IMAM HAMDI