Dunia, Jenewa - Jurnalis  pendukung Bashar al-Assad, Roba al-Hajli, diusir keluar dari gedung PBB di Jenewa, Swiss setelah menghina pidato perwakilan oposisi Suriah dalam rapat membahas perundingan damai di Suriah.

Beberapa media melaporkan, Hajl, koresponden televisi di Suriahi terancam dideportasi Swiss meskipun kabar itu dibantah oleh sejumlah jurnalis pendukung Presiden Suriah Assad.

Para jurnalis pendukung Assad mengatakan, Hajli hanya diusir dari gedung PBB setelah meliput negosiasi antara oposisi Suriah dengan delegasi pemerintah pada 16 Mei 2017.

Sebuah rekaman video atas insiden itu memperlihatkan, Hajli menghina delegasi oposisi saat mereka melewati gedung PBB di Jenewa.

Meskipun demikian, tak satupun delegasi oposisi itu meresponnya. Namun ketika pihak berwenang mengetahui kejadian tersebut, polisi diperintahkan mengawal dan mengusir jurnalis dari gedung PBB.

"Beberapa jurnalis yang bekerja untuk media pendukung Assad mengatakan, Swiss bakal mendeportasi Hajli," Al Arabiya melaporkan, Kamis, 18 Mei 2017.

Kabar ini belum mendapatkan tanggapan dari televisi pemerintah Suriah. Sejumlah media mengatakan, delegasi oposisi mengajukan komplain atas sikap Hajli termasuk perilakunya yang dianggap melanggar kode etik jurnalistik.

Hajli memiliki kedekatan dengan pejabat pemerintahan Assad. Jurnalis ini pernah wawancara dengan Assad beberapa kali dan bertemu dengannya di beberapa tempat.

AL ARABIYA | CHOIRUL AMINUDDIN