Bisnis, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan pihaknya menyiapkan uang tunai sebesar Rp 167 triliun untuk diedarkan saat Idul Fitri. Dia melihat hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang tunai saat hari raya.

"Uang tunai siap edar jumlahnya cukup, kami sudah mengikuti perkembangan selama 10 tahun terakhir," kata Agus Martowardojo saat ditemui di Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis, 18 Mei 2017.

Baca: BI: Kebutuhan Uang Tunai di NTT Bakal Naik Jelang Lebaran

Agus Marto menuturkan uang tunai yang disiapkan untuk kebutuhan Idul Fitri meningkat 14 persen dari tahun lalu, yaitu sebesar Rp 146 triliun. Hal ini akan membuat posisi uang beredar nantinya diperkirakan mencapai titik tertinggi di tahun ini.

Baca: Natal dan Tahun Baru, BI Siapkan Uang Tunai Rp 94 Triliun

Menurut Agus Marto angka uang yang diedarkan oleh BI adalah Rp 691 triliun. Meski begitu, dia menjamin akan ada uang yang keluar tapi ada pula uang yang masuk. "Tingginya uang yang beredar karena jumlah hari libur yang lebih banyak dibandingkan tahun lalu."

Mengenai perkembangan lebih lanjut dalam hal ini, Agus Marto menyatakan akan dibicarakan kembali dalam beberapa waktu ke depan. "Kecukupan uang yang lebih detail akan kami sampaikan di update selanjutnya," ucap Agus Marto.

Agus Marto melihat minat masyarakat terhadap uang edisi 2016 cukup tinggi, oleh karena itu rencananya BI akan menambah titik dan frekuensi penukaran uang tunai baik di BI dan juga perbankan.

DIKO OKTARA