Nasional, Jakarta - Mantan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, Muhammad Yusuf, mengajukan pengunduran diri dari seleksi calon hakim Mahkamah Konstitusi. “Dia (Yusuf) mengirimkan surat tertulis kepada panitia seleksi,” kata anggota Pansel Hakim MK, Marurar Siahaan, saat dihubungi Tempo, Kamis 16 Maret 2017.

Marurar menjelaskan, Yusuf mundur karena sedang mengikuti seleksi jabatan di lembaga lain. “Dia sudah tinggal satu langkah lagi di seleksi itu,” ujarnya.

Baca: Pansel Hakim MK Wajibkan Calon Bergelar Doktor, Alasannya...  

Panitia Seleksi Hakim MK meloloskan 12 nama dalam tes administrasi. Nama Muhammad Yusuf termasuk di dalamnya. Semestinya Yusuf mengikuti tes kesehatan pada 14 Maret 2017 lalu. Namun tes kesehatan itu hanya diikuti 11 orang karena Yusuf lebih dulu mundur. Rencananya, 11 orang ini menjalani tes akhir, yaitu pembuktian rekam jejak dan wawancara pada 27-29 Maret 2017.

“Saat ini tim di daerah-daerah sedang mengumpulkan semua data tentang para calon,” kata Maruarar.

Para calon yang tersisa adalah dosen hukum tata negara Fakultas Hukum Universitas Tadulako, Palu, Rasyid Thalib; dosen hukum Universitas Nusa Cendana, Kupang, Bernard L. Tanya; dosen hukum tata negara Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Krishna Djaya Darumurti; guru besar hukum agraria Universitas Sumatera Utara, Medan, Muhammad Yamin Lubis; dosen hukum Islam Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Muslich K.S.; dan guru besar hukum tata negara Fakultas Hukum Universitas Andalas, Padang, Saldi Isra.

Baca: Bekas Politikus Bisa Jadi Hakim Mahkamah Konstitusi, Asal...

Selain itu, ada Kepala Subdit Penyiapan dan Pendampingan Persidangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Hotman Sitorus; mantan Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham, Wicipto Setiadi; Widyaiswara Lembaga Administrasi Negara (LAN), Mudji Estiningsih; dan dua advokat, yaitu Chandra Yusuf serta Eddhi Sutarto.

Dari 12 nama itu, Panitia Seleksi akan memilih tiga orang yang selanjutnya diserahkan kepada Presiden Joko Widodo. “Akhir Maret, Presiden sudah bisa pilih satu dari tiga nama itu,” kata Maruarar.

FRANSISCO ROSARIANS